IBX58914AD904CC3

Selasa, 17 Januari 2017

Filled Under: , ,

Sakit Kepala Migrain Bisa Sebabkan STROKE


Anda sering menderita sakit kepala migrain? Jika ya, maka Anda perlu mewaspadai serangan stroke!

Sebuah studi telah menyatakan, migrain bisa menjadi indikator seseorang lebih berisiko untuk menderita stroke.

Hal ini disebabkan oleh terhambatnya aliran darah ke otak. Migrain biasanya seperti sakit kepala sedang atau berat yang dirasakan sebagai nyeri berdenyut pada satu sisi kepala.

Banyak orang juga merasakan gejala seperti mual, muntah dan peningkatan sensitivitas terhadap cahaya atau suara.

Lebih lanjut, ada berbagai jenis migrain, namun para ahli mengatakan, migrain dengan aura paling dihubungkan dengan risiko stroke.

Sementara itu, para peneliti di Harvard Medical School di Amerika Serikat mengatakan, migrain harus diperhitungkan ketika dokter bedah menilai pasien berisiko stroke.

Dalam penelitian yang diterbitkan di British Medical Journal ini meneliti data 124.558 pasien bedah di Massachusetts General Hospital dan 2 rumah sakit komunityas dari Januari 2007 sampai Agustus 2014.

Sekira 10.000 diketahui menderita migrain, 12,6 persen dari mereka menderita migrain dengan aura.

Sementara, dari 124.558 pasien, 771 pasien mengalami stroke. Para peneliti menemukan, pasien dengan migrain mengalami peningkatan risiko stroke saat operasi.

Mereka mengatakan, 1,4 stroke akan terlihat untuk setiap 1.000 pasien bedah. Risiko ini meningkat menjadi 4,3 untuk setiap 1.000 pasien dengan diagnosis migrain-3,9 untuk migrain tanpa aura, dan 6,3 untuk migrain dengan aura.

Para peneliti juga menemukan, pasien yang menderita migrain lebih mungkin untuk kembali ke rumah sakit.

"Mengingat tingginya prevalensi migrain pada populasi, asosiasi stroke iskemik migrain-perioperatif membawa kepentingan kesehatan masyarakat.

Dokter harus menyadari peningkatan risiko perioperatif, terutama pada pasien dengan migrain yang hadir tanpa faktor risiko stroke," jelas para peneliti yang dikutip Express, Selasa (17/1/2017).

Untuk diketahui, stroke adalah keadaan darurat medis yang membutuhkan pengobatan segera.

NHS Choices mengatakan, penyebab pasti tidak diketahui, tetapi para profesional kesehatan percaya hasil dari aktivitas otak yang abnormal memengaruhi sinyal saraf, bahan kimia dan pembuluh darah di otak.

0 komentar:

Posting Komentar